Home » , , » Manajemen Teknologi Informasi

Manajemen Teknologi Informasi

Pengenalan Teknologi Informasi


Teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu : "teknos" dan "logos" yaitu suatu alat yang diciptakan oleh manusia yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi juga bisa didefinisikan sebagai hasil perkembangan dari ilmu pengetahuan yang ada.

Pengertian Teknologi Informasi (TI)

TI adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi. sistem informasi berbasis komputer atau computer based information system (cbis). sistem informasi yang menggunakan komputer dan teknologi komunikasi untuk melakukan tugas-tugas yang diinginkan.


Infrastruktur Informasi


Perangkat keras (hardware)
Perangkat lunak (software)
Jaringan dan komunikasi 
Basis data (database)
Information management personnel
Arsitektur informasi 

DATA


Data adalah fakta-fakta mentah atau deskripsi-deskripsi dasar dari hal, event, aktivitas, dan traksaksi yang ditangkap, direkam, disimpan, dan diklasifikasikan. contoh data antara lain terdiri dari saldo bank, atau jumlah jam pekerja yang bekerja dalam periode pembayaran. 

INFORMASI


informasi adalah sekumpulan fakta (data)  yang diorganisir dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima. sebagai contoh, bila kita memasukkan nama-nama murid dengan nilai rata-rata, nama-nama konsumen dengan saldo bank, jumlah gaji dengan jumlah jam bekerja, kita akan mendapatkan informasi yang berguna. dengan kata lain, informasi datang dari data yang akan diproses.

PENGORGANISASIAN DATA DAN INFORMASI


Hirarki data; bits-kilobyte-megabyte-gigabyte-terabyte, fields, record.

HUBUNGAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI



SIKLUS PENGOLAHAN DATA




PENGANTAR TEKNOLOGI WEBSITE

WEB (World Electronic Broadcast). Internet adalah jaringan terbesar yang menghubungkan jutaan komputer yang tersebar di seluruh penjuru dunia Dengan menggunakan jaringan ini, sebuah organisasi dapat melakukan pertukaran informasi secara internal atau melakukan pertukaran informasi secara eksternal dengan organisasi - organisasi yang lain using the standardized Internet Protocol (IP) Suite.

Homepage ( sering ditulis sebagai halaman rumah) atau halaman utama adalah URL atau file lokal yang secara otomatis beban ketika web browser mulai dan ketika " rumah " tombol browser ditekan.

HOSTING


Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database. 

DOMAIN


Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mempermudah pengguna mengakses informasi pada server komputer yang ada dijaringan internet. Domain menggantikan alamat IP address.

Aplikasi web dibagi menjadi 2 :

1. Web statis. Web statis dibentuk dengan menggunakan HTML saja. 
2. Web dinamis. Web dinamis diartikan sebagai halaman yg dilengkapi dengan animasi gambar, selain dapat berinteraksi dengan basis data.



JENIS-JENIS  WEBSITE


1. Search Engine atau Mesin Pencarian 
2. Web Portal 
3. Wiki 
4. Archieve Site 
5. Social Networking/ Social Media 
6. Forum 
7. Portal Berita dan Informasi 
8. Media Sharing 
9. Cloud 
10. Company Profile 
11. Online Store 
12. Portfolio Online 
13. Blog 
14. Portal Komersil

0 comments:

Post a Comment